Kuliah Sastra Indonesia



Halo!

Salah satu kegalauan yang sedang dialami oleh siswa kelas 12 adalah, nanti kuliah jurusan apa?. Well, salah satu jurusan yang menarik untuk digeluti adalah Sastra Indonesia. Aku sendiri adalah Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Airlangga. Dan, aku cukup menikmati jurusan ini.
Sastra Indonesia berada dalam naungan Fakultas Ilmu Budaya (Faculty of Humanities). Tidakkah kalian mendalami makna fakultas dan jurusan tersebut? Humanities, satu kata beribu makna. Dalam Fakultas Ilmu Budaya, kalian akan mempelajari hal yang mulia. Kalian akan mempelajari manusia. Mempelajari bagaimana memanusiakan manusia.


"Sastra adalah pahlawan di tengah kegersangan. Ketika dunia sudah mencaai ambang batas kemajuan teknologi, ekonomi, dan politi, maka pada saat yang bersamaan, niali-nilai kemanusiaan akan mati. Disaat itulah kemudian sastra hadir sebagai pahlawan penghidup nilai-nilai humanities. "


Ada tida peminatan yang terdapat dalam Sastra Indonesia, yakni Minat Sastra, Minat Linguistik, dan Minat Filologi.

Minat Sastra akan membahas seluruh seluk beluk sastra, mulai dari sejarah, teori, jenis, dan pemaknaannya. Novel, puisi, dan drama tentunya akan kalian babat habis dalam minat ini. Lulusannya tidak diragukan lagi. Penulis, kritikus sastra, sastrawan, tenaga pendidik, adalah serangkai pekerjaan yang menjanjikan!

Minat Linguistik akan mempelajari seluruh seluk beluk bahasa, mulai dari fonetik, sintaksis, semantik, pragmatik, dan sebagainya. Linguistik mempelajari tentang kata, kalimat, makna kata, penanda dan pertanda, dan sebagainya. Linguistik memiliki beberapa percabangan, seperti PsycoLinguistic, Linguistik Forensic, SosioLinguistik, dan sebagainya. Salah satu contoh menarik dalam pengkajian dan pengembangan ilmu ini adalah lulusannya. Jurusan Sastra bekerja di Kepolisian? Why Not? Linguistik Forensik menjawabnya. Dalam Linguistik Forensik, kalian akan mengidentifikasi kejahatan yang dilakukan orang melalui tutur bahasa yang diucapkannya. Dan saat ini, pihak kepolisian sangat membutuhkan disiplin bidang ini. Selain itu, prospek emas juga terbuka bagi lulusan jurusan ini. Jurnalis, penulis, editor, percetakan, media masaa, dan kedutaan adalah berbagai pekerjaan yang siap menanti kalian!

Dan, minat yang terakhir adalah Minat Filologi. Dalam filologi, kajian utama yang akan dibahas adalah Naskah. Filologi adalah disiplin ilmu yang mencakup sastra dan linguitik. Untuk menguasai filologi, diperlukan penguasaan ilmu sastra dan ilmu bahasa. Sebab, pembacaan naskah memerlukan berbagai keahlian bahasa, baik bahasa daerah ataupun bahasa luar seperti bahasa Arab, Melayu, dan Belanda. Disiplin ilmu ini sangat dibutuhkan oleh Indonesia saat ini, sebab Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan naskah. Naskah Kuno banyak di temukan di berbagai daerah di Indonesia, Lombok, Bali, apalagi Jawa dan Sumatera dan pulau-pulau besar lainnya. Filologi merupakan disiplin ilmu yang sangat besar pengaruhnya. Ilmu pengobatan (farmasi), kedokteran, pemerintahan dan politik dan sejarah merupakan berbagai ilmu yang berkembang dengan adanya pembacaan Naskah. Tanpa ada kemampuan dan pengembangan pembacaan naskah, maka dunia tidak akan tahu tentang bagaimana penciptaan obat-obat herbal, bagaimana sistem pemirintahan yang baik, dan sebagainya. Untuk prospek kerja kedepan, jurusan ini tersedia di berbagai museum, lembaga penelitian, perpustakaan nasional RI, dan sebagainya. Naskah merupakan Khazanah pengetahuan yang memiliki banyak pahala.





Sastra itu hidup, dan Hidup itu perlu sastra.
So, Ayo Masuk SASTRA INDONESIA!
 

Komentar